RESENSI NOVEL N FILM

RESENSI

Latar belakang

Kreativitas dapat tertuang dalam berbagai hal nyata. Seperti buku, film, drama, lagu atau mungkin dalam bentuk karya lainnya. Untuk memudahkan kita mengetahui informasi tentang karya tersebut ,(contoh film dan buku) serta untuk memudahkan kita dalam memberikan penilaian, maka dibutuhkan suatu resensi.

1. Pengertian resensi
Resensi berasal dari bahasa Latin, yaitu dari kata kerja revidere atau recensere. Artinya melihat kembali, menimbang, atau menilai. Arti yang sama untuk istilah itu dalam bahasa Belanda dikenal dengan recensie, sedangkan dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah review. Tiga istilah itu mengacu pada hal yang sama, yakni mengulas buku. Tindakan meresensi dapat berarti memberikan penilaian, mengungkap kembali isi buku, membahas, atau mengkritik buku. Dengan pengertian yang cukup luas itu, maksud ditulisnya resensi buku tentu menginformasikan isi buku kepada masyarakat luas
Sedangkan menurut buku "Kamus Istilah Sastra" yang ditulis oleh Panuti Sudjiman (1984) dijelaskan bahwa resensi berarti hasil pembahasan dan penilaianyang pendek tentang suatu karya tulis.
Jadi Resensi adalah tulisan yang berisi ulasan , pertimbangan, atau pembicaraan suatu karya (sastra, non-sastra, film, drama dan sebagainya). Tujuan dari penulisan resensi adalah menyampaikan informasi kepada pembaca apakah sebuah karya patut mendapat apresiasi atau tidak.

2. Unsur- Unsur Resensi
Hal-hal yang tercantum dalam sebuah resensi antara lain :
a. Identitas karya (contih buku : judul, pengarang, tahun terbit, halaman).
b. Synopsis
c. Unsur intrinsic dan unssur ekstrinsik dari suatu buku.
d. Kelemahan serta kelebuhan buku tersebut.
e. Keterbacaan dengan pembacanya.

3. Contoh Resensi

a. “ Resensi Film “

Judul Film : Hachiko
Jenis Film : Dram (semua umur)
Produser : Richard Gere, Bill Johnson, vicki Shigekuni
Sutradara : Lasse Hallstrom
Penulis : Stephen P. Lindsay

Sinopsis

Hachiko merupakan film tentang kestiaan seekor anjing yang bernama hachiko, kepada tuannya. Hachiko setiap hari begitu setia mengantar serta menjemput sang tuan di stasiun setiap kali tuannya pergi dan pulang kerja.
Suatu hari tuan hachiko, yaitu Parker Wilson, terkena serangan jantung mendadak ketika ia sedang mengajar. Hachiko yang tidak mengerti bahwa pemiliknya sudah meninggal, tetap setia menjemput tuannya di stasiun, tepat pukul 17.00, waktu dimana tuan parker pulang. Kesetiaan hachiko berlangsung hingga sepuluh tahun lamanya. . Sampai akhirnya pada musim dingin tahun ke sepuluh, Hachiko meninggal di bundaran stasiun pada tengah malam.

Unsur Intrinsik

Latar tempat : Stasiun & Rumah Tuan Parker
Latar Waktu : Dominan sore dan malam hari
Alur : maju

Kelebihan Film Hachiko

1. Film ini diangkat dari sebuah kisah nyata, tentang seekor anjing yang hidup di jepang sekitar tahun 1923-1935.
2. Dari segi cerita, film ini mampu membangkitkan sisi emosional penonton. Cerita begitu menyentuh dan sedih terutama ketika hachiko selama sepuluh tahun.tetap setia menjemput tuannya yang tak pernah kembali lagi karena meninggal.
3. Dalm film ini terdapat pesan moral, yaitu tentang sebuah kesetiaan dan rasa kasih sayang sesama mahluk hidup.

Kekurangan Film Hachiko

1. Banyak adegan dan scene yang cenderung sama, monoton sehingga sedikit membosankan.
2. Latar tempat yang digunakan hanya di stasiun, kurang variasi latar.
3. Durasi singkat untuk ukuran film barat, yaitu hanya 90 menit.


b. “ Resensi Novel “

Judul Novel : Huda,Bidadari Cinta Kami
Penulis : Siti Darojah
Penyunting : Kurnia Efendi
Halaman : 355
Penerbit : PT Mizan Publika


Sinopsis

Novel ini kisah perjuangan serta ketabahan gadis muda bernama Huda Rosdiana Biarawati , yang harus berjuang melawan penyakit yang ia derita sejak kecil, yaitu kebocoran ginjal atau imfeksi ginjal.
Sejak di vonis menderita kebocoran ginjal, entah berapa kali Huda harus cuci darah.Berapa kali ia harus masuk rumah sakit akibat efek obat-obatan yang diminumnya.
Setelah melakukan berbagai macam pengobatan, huda pun akhirnya melakukan transplantasi ginjal, atau dikenal dengan donor ginjal. Pendonor ginjal, bukanlah berasal dari orang luar, tapi kakak kandung huda sendiri, Afaf.
Sekian lama berjuang, huda pun menyerah dengan penyakitnya ini. Huda mengehembuskan nafas terakhirnya pada tanggal 15 Januari 2007 sekitar pukul 07.00 WIB

Kelebihan
a. Cerita yang kuat karena didasarkan pada “True Story”
b. Kisah yang dihadirkan dalam novel ini begitu menyentuh, sedih serta mampu menguras air mata para pembacanya.
c. Karakter yang kuat, yang ditampilkan melalui sosok huda dan keluarganya yang begitu tabah.
d. Banyak sekali pesan moral yang ingin disampaikan dalam novel ini, diantaranya yaitu tentang ketabahan, tetap bersyukur kepada Allah S.W.T dan semangat ditengah penyakit yang diderita serta dukungan yang luar biasa dari keluarga huda yang penuh inspiratif.



Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer